28 Oktober 2011

Mengapa Kefir Sangat Berkhasiat

Sistem Pencernaan
Untuk memahami manfaat luar biasa dari kefir,  Anda perlu melihat sedikit ke dalam sistem pencernaan Anda.

Pertama, susunan sistem pencernaan kita sangat besar dan rumit. Kalau diukur  mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, sampai ke anus panjangnya sampai 10 meter!

Sekarang bayangkan proses yang terjadi setiap kali makanan masuk melalui mulut & kerongkongan kita …

Asam Lambung, Enzim, dan Probiotik

Pertama,  perut atau lambung kita menampung makanan itu dan mencampurnya dengan cairan asam lambung dan enzim.  Cairan ini membantu memecah dan melumatkan makanan tersebut.

Kedua,  makanan yang telah dihancurkan lantas masuk ke dalam usus halus.  Di sini bakteri-bakteri “baik” (probiotik) mencerna makanan tersebut,  menyerap hasilnya dan melepaskannya ke dalam aliran darah kita.

Ketiga,  makanan yang telah diserap gizinya di dalam usus halus kemudian masuk ke usus besar atau kolon.   Usus besar membuang air dan garam-garam dari makanan. Namun usus besar juga memberikan lebih banyak lagi bakteri-bakteri “baik” untuk menghancurkan lagi bahan-bahan makanan yang belum sepenuhnya tercerna.

Sekarang Anda bisa melihat bahwa probiotik (bakteri baik) dan enzim sangat dibutuhkan dalam sistem pencernaan kita.

Enzim Dalam Lambung

Sebenarnya perut (lambung) kita secara alamiah mengeluarkan enzim pencernaan untuk memecah dan mencerna makanan yang masuk. Tetapi dengan makin bertambahnya usia seseorang,  produksi enzim ini makin berkurang. Akibatnya lambung kita tidak sanggup lagi mencerna makanan dengan sempurna.
Nah,  di sini kefir mengandung enzim yang dibutuhkan pencernaan Anda.  Kefir ibarat team penyedia enzim yang menyelamatkan sistem pencernaan kita. 

Enzim mempunyai peranan penting guna memecah protein dalam makanan dan melepaskan asam amino. Kita semua membutuhkan asam amino untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.  Enzim juga memecah karbohidrat sehingga pankreas kita dapat berfungsi dengan baik.  Enzim juga yang menangani lemak supaya tidak menimbulkan masalah dalam tubuh kita.

Fungsi enzim yang lain adalah memecah dinding sel buah-buahan dan sayuran untuk mengeluarkan nutrisi dari dalamnya.  Memecah produk-produk susu untuk mencegah nyeri perut dan diare.  Memecah dan mencerna gula.  

Dengan meminum kefir,  maka perut atau lambung Anda bisa lebih “santai” dan tidak perlu bekerja terlalu keras. Sebaliknya lambung akan mampu mencerna makanan sebagaimana seharusnya.  Dan meneruskannya ke dalam usus halus sebagai makanan yang telah dicerna dengan baik.

Probiotik Dalam Usus Halus

Sekarang mari kita ikuti perjalanan selanjutnya ke dalam usus halus.  Di sinilah tempat bagi probiotik berfungsi sepenuhnya.  Usus yang sehat berisi 1,5 kilogram bakteri baik.  Makanan yang masuk dari lambung tadi  di dalam usus dipecah lagi oleh bakteri-bakteri ini menjadi nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Dengan bertambahnya usia,  sistem percernaan kita menjadi lambat.  Jadi kita memerlukan bantuan dari luar.  Kefir dapat memberikan probiotik dengan limpah!

Probiotik atau bakteri-bakteri baik ini menolong Anda menyerap vitamin dan mineral.  Mereka mengubah makanan menjadi vitamin B-kompleks.  Mereka menangani produk-produk yang terbuat dari susu,  membuat anti-body yang mendorong sistem kekebalan,  menghasilkan vitamin K,  dan  memproduksi nutrisi bagi kesehatan tulang. 

Probiotik juga menyingkirkan bakteri-bakteri “jahat” yang dapat menyengsarakan Anda.

Oh ya,  apabila Anda pernah mengasup obat-obat antibiotika, bakteri-bakteri baik dalam usus Anda dimusnahkan oleh terapi antibiotika itu.  Anda membutuhkan probiotik untuk mengembalikan keberadaan koloni bakteri baik dalam usus Anda.

Probiotik Dalam Kolon

Akhirnya perjalanan makanan kita sampai ke usus besar (kolon).   Sekali lagi di sini pun peranan probiotik sangat penting.  Tanpa bakteri-bakteri baik itu,  berbagai keluhan gangguan pencernaan akan terdengar lebih keras. Entah itu berupa diare, sembelit, kembung, dan sebagainya. 

Usus besar kita perlu memiliki probiotik yang cukup jumlahnya, kuat, dan aktif.   Ketahuilah bahwa bakteri-bakteri baik itu dapat memberikan pencernaan yang menyenangkan bagi Anda. 

Pencernaan Anda adalah garis depan dari benteng pertahanan seluruh kesehatan Anda!   <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar